Work From Anywhere!
Wujudkan Remote Working yang efektif untuk perusahaan anda!

Pandemi Covid-19 menjadi awal dari munculnya istilah Work From Home (WFH). Istilah ini muncul akibat dari Peraturan Pemerintah yang mewajibkan sebagian besar kantor untuk menutup aktifitas offline kantornya untuk mencegah penyebaran virus.

Meski kebijakan ini dilakukan dengan tujuan khusus untuk menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan, namun banyak perusahaan yang menemukan keuntungan-keuntungan lain dengan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah.

Fleksibilitas Waktu

WFH memberikan fleksibilitas dalam mengatur waktu kerja. Karyawan dapat menyesuaikan jadwal mereka dengan kebutuhan pribadi, seperti menghadiri janji dokter, menjemput anak-anak dari sekolah, atau menyelesaikan tugas rumah tangga. Ini memungkinkan karyawan untuk mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi dengan lebih baik.

Mengurangi Waktu dan Biaya Transportasi

Dengan WFH, karyawan tidak perlu melakukan perjalanan harian ke dan dari kantor. Ini mengurangi waktu yang dihabiskan dalam perjalanan, serta mengurangi biaya transportasi, seperti tiket transportasi umum atau bahan bakar kendaraan pribadi. Selain itu, pengurangan perjalanan juga berkontribusi pada pengurangan emisi gas rumah kaca dan dampak lingkungan.

Produktifitas yang Lebih Tinggi

WFH dapat meningkatkan produktivitas bagi banyak karyawan. Tanpa gangguan dan interupsi di kantor, karyawan dapat fokus pada tugas-tugas mereka dan mengatur lingkungan kerja yang sesuai dengan preferensi mereka. Mereka juga dapat mengatur jadwal mereka sendiri untuk bekerja pada waktu yang paling efektif bagi mereka.

Mengurangi Biaya Operasional Perusahaan

Dalam hal perusahaan, WFH dapat membantu mengurangi biaya operasional yang terkait dengan pengelolaan kantor fisik. Perusahaan dapat menghemat biaya sewa ruang kantor, utilitas, pemeliharaan, dan peralatan kantor. Ini dapat mengarah pada penghematan yang signifikan dalam anggaran perusahaan.

Meningkatkan Kepuasan dan Retensi Karyawan

WFH dapat meningkatkan kepuasan karyawan. Dengan memberikan fleksibilitas dan keseimbangan kerja-pribadi yang lebih baik, karyawan merasa dihargai dan memiliki kontrol lebih besar atas waktu mereka. Ini dapat berkontribusi pada peningkatan retensi karyawan dan menjaga keahlian yang berharga di perusahaan.

Meningkatkan Diversitas Tenaga Kerja

WFH memungkinkan perusahaan untuk merekrut dan mempertahankan karyawan dari berbagai lokasi geografis. Ini membuka pintu untuk menarik bakat-bakat terbaik yang mungkin tidak tersedia secara lokal. Selain itu, WFH juga dapat memperluas kesempatan kerja untuk individu yang memiliki keterbatasan fisik atau mobilitas terbatas.

Mengurangi Resiko Penularan Penyakit

Selama situasi darurat kesehatan seperti pandemi, WFH merupakan langkah yang penting dalam mengurangi risiko penularan penyakit di tempat kerja. Ini membantu menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan serta mengurangi beban pada sistem perawatan kesehatan.

Pemanfaatan ERP Dalam Penerapan Sistem WFH

Penerapan sistem kerja dari rumah (work from home/WFH) dapat memberikan banyak manfaat, tetapi juga menimbulkan tantangan dalam mengelola operasional dan koordinasi tim.

Di sinilah peran sistem perencanaan sumber daya perusahaan (enterprise resource planning/ERP) menjadi penting. Berikut adalah beberapa alasan mengapa ERP penting dalam penerapan sistem kerja WFH:

Koordinasi dan Kolaborasi yang Efisien

WFH dapat menghambat komunikasi dan kolaborasi tim karena karyawan berada di lokasi yang terpisah. ERP menyediakan platform yang terintegrasi untuk berbagi informasi, dokumen, dan data secara real-time. Dengan menggunakan ERP, tim dapat bekerja bersama dalam proyek, mengakses sumber daya yang diperlukan, dan berkoordinasi dengan lebih efisien tanpa terkendala oleh batasan fisik.

Akses Data yang Terpusat

ERP menggabungkan berbagai fungsi bisnis dan data perusahaan menjadi satu sistem yang terpusat. Dengan memiliki akses data yang terpusat, karyawan WFH dapat mengakses informasi terkini, termasuk inventaris, pesanan pelanggan, data keuangan, dan lainnya. Hal ini memungkinkan mereka untuk tetap terhubung dengan informasi penting dan membuat keputusan yang tepat, tanpa harus bergantung pada proses manual atau menghubungi orang lain secara terpisah.

Monitoring Kinerja dan Pengelolaan Proyek yang Mudah

Dalam lingkungan WFH, penting untuk dapat memantau kinerja karyawan dan kemajuan proyek secara efektif. ERP menyediakan alat pengawasan yang memungkinkan manajer untuk melacak kinerja individu, mengatur tugas dan jadwal, serta melihat status proyek secara keseluruhan. Dengan informasi ini, manajemen dapat mengidentifikasi permasalahan, memberikan umpan balik, dan mengoptimalkan produktivitas karyawan.

Pengelolaan Rantai Pasokan

WFH dapat mempengaruhi rantai pasokan karena keterbatasan fisik dan logistik. Dengan ERP, perusahaan dapat memantau persediaan, memproses pesanan pelanggan, mengatur pengiriman, dan mengelola pemasok dengan lebih efisien. Ini membantu menjaga kelancaran operasional dan meminimalkan gangguan pada rantai pasokan.

Keamanan Data dan Akses yang Terkendali

Dalam lingkungan WFH, penting untuk menjaga keamanan data perusahaan dan mengendalikan akses ke informasi sensitif. ERP menyediakan lapisan keamanan yang kuat, termasuk pengaturan akses berdasarkan peran, otentikasi ganda, enkripsi data, dan audit trail. Hal ini membantu melindungi data perusahaan dari ancaman keamanan dan memastikan bahwa hanya pengguna yang berwenang yang dapat mengaksesnya.

Skalabilitas dan Adaptabilitas

Penerapan WFH seringkali memerlukan penyesuaian dan fleksibilitas dalam mengelola operasional perusahaan. ERP yang kuat dan terintegrasi memungkinkan perusahaan untuk melakukan penyesuaian.

Konsultasikan kepada kami kebutuhan Odoo ERP anda sekarang!

Konsultasikan kebutuhan anda dengan kami.

Arlangga Sambas Moeharam

Sales & Marketing, Designer

Since college, he has been involved in the world of design, marketing, branding and other creative things. in this fast growing field, he is very adaptable, thanks to his enthusiasm, high curiosity and fast learner abilities.